Tuntunan Lengkap Menulis Artikel Opini



Di tengah maraknya media sosial, apakah menulis opini panjang di surat khabar masih penting? Memang banyak yang meragukan peran tulisan opini yang ditulis di media cetak di era media sosial. Masyarakat cenderung untuk membaca hanya berita-berita pendek yang tidak perlu terlalu memerlukan berpikir. Namun, bagi saya, tulisan opini di media cetak dan media online yang terpercaya tetaplah penting. Sebab, tulisan opini bisa memberikan gambaran yang lebih detail dan menjelaskan mengapa sang penulis memutuskan untuk berdiri di posisi yang diyakininya. Tulisan opini ini memberikan perspektif terhadap sebuah topik atau peristiwa yang berbeda-beda dengan penjelasan alasan yang cukup memadai. Menulis opini melalui media masa adalah cara yang efektif untuk menyampaikan gagasan secara terstruktur.

  • Judul: Buku Sakti Menulis Opini, Kupas Tuntas Menulis Artikel Opini yang Layak Terbit di Koran
  • Penulis: Badiatul Muchlisin Asti
  • Tahun Terbit: 2018
  • Penerbit: Hanum Publisher
  • Tebal: x + 126
  • ISBN: 978-602-52000-1-4

Koran-koran utama pada umumnya masih mempertahankan keberadaan tulisan Opini. Harian Kompas, Koran Tempo, Sindo dan Republika adalah beberapa koran utama yang masih memberikan slot untuk tulisan jenis ini. Bahkan beberapa koran, tulisan Opini menjadi salah satu adalannya.
Peluang pemuatan tulisan jenis Opini kini semakin besar selaras dengan menjamurnya koran digital. Koran-koran digital memberi ruang khusus untuk mengunggah tulisan jenis ini. Kompas.com, Kompas.id, Koran TEMPO (online), dan Detik.com adalah beberapa contoh media online terkemuka yang memberikan ruang kepada tulisan jenis Opini.

Pada umumnya, penulis Opini di media utama adalah orang-orang yang dikenal luas oleh publik dan memiliki kompetensi di bidang yang ditulisnya. Namun, ada juga para penulis pemula yang kadang-kadang muncul. Para penulis pemula yang mampu menembus koran utama disebabkan karena topik atau peristiwa yang diulasnya adalah topik atau peristiwa yang sangat menarik bagi publik dan pembahasannya berbeda dari pendapat arus utama.

Banyak dari kita memiliki cara pandang terhadap sebuah topik atau peristiwa. Seringkali kita ingin membagikan persepktif kita terhadap topik atau peristiwa tersebut, sehingga pendapat kita bisa dimengerti pihak lain. Menuangkan gagasan kita melalui tulisan berjenis Opini adalah salah satu cara yang efektif. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana caranya menulis opini.

Buku karya Badiatul Muchlisin Asti ini berisi tuntunan lengkap bagi mereka yang berminat menulis Opini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang ditulis dalam buku ini, in sya Allah Anda akan menjadi seorang penulis opini yang kredibel dan produktif.

Penulis buku ini menjelaskan batasan-batasan tulisan jenis Opini, manfaatnya menulis opini dan trik-trik untuk memoles tulisan Opini supaya layak terbit di media.

Menulis, terutama jenis tulisan Opini tidaklah mudah. Sebab dalam menulis opini kita harus sangat jelas nalar dan argumen yang dipakai. Sehingga posisi kita terhadap topik atau peristiwa bisa dimengerti dengan baik oleh khalayak. Hanya melalui berlatih dan berlatih, maka tulisan kita akan menjadi semakin kuat. Buku semacam ini berguna untuk memandu kita dalam berlatih menulis. Namun yang terutama adalah berlatih itu sendiri.

---HANDOKO WIDAGDO, Pegiat Literasi dan Alumnus Intercultural Management-School for International Training Brattleboro Vermont, USA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tuntunan Lengkap Menulis Artikel Opini"

Posting Komentar