Cara Mudah Menulis Cerpen

Oleh: Sam Edy Yuswanto
(Cerpenis Kebumen)
Menulis cerpen itu mudah

Definisi Cerpen

            Cerpen merupakan singkatan dari cerita pendek dengan panjang cerita terbatas, biasanya tak lebih dari 10.000 kata atau 10 halaman (kalau untuk cerpen yang biasa dimuat media cetak sekitar 1.500-2.000 kata, atau sekitar 8.500-11.000 karakter). Cerpen adalah karya fiktif dan termasuk jenis karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia beserta suka-dukanya (Fajar Setiyoko, kampoengilmu.com).

Menulis Cerpen itu Sulit atau Mudah?

Bagi sebagian orang, menulis cerita pendek (cerpen) itu sulit, bahkan sangat sulit. Lewat tulisan sederhana ini, saya berusaha mengubah persepsi tersebut. Menulis cerpen itu sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa menjadi hal yang sangat mudah bila kita mengetahui cara atau tekniknya.
Bagaimana caranya? Pertama, ketika ingin belajar menulis cerpen, berusahalah menanamkan keyakinan dalam hati dan pikiran bahwa menulis cerpen itu mudah. Ketika keyakinan tersebut telah tertanam kuat, saya yakin Tuhan akan menuntun kita untuk mewujudkannya. Kedua, perbanyaklah membaca cerpen-cerpen dari para penulis yang karyanya kerap menghiasi berbagai media massa. Banyak membaca akan membantu memunculkan ide atau gagasan yang bisa dijadikan sebagai modal menulis. Ketiga, mulailah menulis.
Ketiga cara tersebut adalah “modal utama” bagi siapa saja yang ingin memulai belajar menulis cerpen. Selanjutnya, terkait teori menulis cerpen yang baik dan menarik, bisa dipelajari sambil jalan. Kita tinggal rajin membuka google, di sana banyak sekali penulis yang membagikan teori menulis cerpen di blog masing-masing. Serap sebanyak mungkin ilmu dari mereka lalu praktikkan.

Teori Menulis Cerpen

Agar dapat menulis cerpen dengan baik dan menarik, kita harus mengetahui apa saja unsur atau hal-hal yang terdapat dalam cerpen. Pamungkas Adiputra (Young Entrepreneur Academy) dalam blognya (https://notepam.com/unsur-intrinsik-cerpen/) menjelaskan bahwa ada dua unsur yang terdapat dalam cerpen, yakni intrinsik dan ekstrinsik. Mari kita bahas satu per satu.

Unsur Intrinsik
            Unsur intrinsik adalah unsur pembangun cerpen yang berasal dari dalam cerpen itu sendiri. Meliputi:

  1. Tema
Tema menjadi ruhnya cerpen. Tema dapat diambil dari mana saja. Misalnya, dari pengalaman hidup yang dialami oleh penulis, beragam permasalahan yang ada di tengah masyarakat, terinspirasi dari judul atau lirik lagu, berita kriminal di media massa, saat sedang berada di perjalanan, dan lain sebagainya.

  1. Tokoh dan penokohan (karakter)
Tokoh adalah pelaku yang ada di dalam cerpen. Sedangkan penokohan adalah penggambarkan watak atau karakter tokoh tersebut. Ada beberapa tokoh dalam cerpen, antara lain: protagonis (tokoh utama yang berkarakter baik), antagonis (tokoh utama kedua yang berkarakter jahat), tritagonis (tokoh yang menjadi penengah keduanya, biasanya memiliki karakter bijak), figuran (tokoh pendukung).
  
  1. Alur (plot)
Alur atau plot adalah urutan jalan cerita dalam cerpen. Ada beberapa tahapan alur yang harus dilakukan oleh penulis. Berdasarkan keterangan Fajar Setiyoko (kampoengilmu.com) cara penggambaran alur cerita sebagai berikut:

  •  Perkenalan tokoh
  •  Mulai muncul konflik
  •  Peningkatan konflik
  •  Penurunan konflik
  •  Penyelesaian konflik (solusi)

Dalam merangkai alur cerita, penulis biasanya menggunakan dua cara:

  •  Alur maju (merangkai cerita secara urut).
  • Alur mundur (merangkai cerita secara tidak urut, acak).

  1. Latar (Setting)
Latar atau setting mengacu pada waktu, suasana, dan tempat terjadinya cerita.
  
  1. Gaya Bahasa
Gaya bahasa merupakan ciri khas penulis dalam bercerita, meliputi pemilihan diksi, majas, nyastra, ngepop, dan lain sebagainya.  

  1. Sudut Pandang (Point of View/ POV)
Sudut pandang merupakan suatu strategi yang digunakan oleh penulis dalam menyampaikan ceritanya. Sudut pandang terbagi menjadi tiga; sudut pandang orang pertama, kedua, dan ketiga.

  1. Amanat (pesan moral)
Amanat adalah pesan moral atau pelajaran yang terdapat dalam cerpen.        

Unsur Ekstrinsik
            Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang terdapat di luar cerpen, tapi ikut berpengaruh pada penulis cerpen tersebut. Unsur ekstrinsik cerpen antara lain: latar belakang masyarakat penulis, latar belakang kehidupan atau profesi penulis, nilai yang terkandung di dalam cerpen (meliputi agama, sosial, moral, budaya).[]


Sumber/ rujukan yang melengkapi tulisan:

  1. https://notepam.com/unsur-intrinsik-cerpen/
  2. https://www.ayuwelirang.com/2018/02/mengenal-sudut-pandang-atau-pov-dalam-fiksi/  
  3. http://kampoengilmu.com/unsur-intrinsik-cerpen/

*) Materi ini disampaikan dalam Lokakarya Penulisan Cerpen dan Esai Grobogan 2019 yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah bekerja sama dengan Forum Silaturahmi Penulis Grobogan (FSPG) di aula Hotel Front One Purwodadi pada Sabtu, 21 April 2019.

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menulis Cerpen"

Posting Komentar