FSPG Bekerja Sama dengan Balai Bahasa Jawa Tengah Selenggarakan Lokakarya Penulisan Cerpen dan Esai 2019

Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Dr. Tirto Suwondo, M.Hum saat memberikan sambutan pada pembukaan Lokakarya Penulisan Cerpen dan Esai di Hotel Front One Purwodadi

Balai Bahasa Jawa Tengah bekerja sama dengan Forum Silaturahmi Penulis Grobogan (FSPG) menyelenggarakan Lokakarya Penulisan Cerpen dan Esai di Hotel Front One Purwodadi pada Sabtu (27/4/2019). Lokakarya yang diikuti 100 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, guru dan umum itu, menghadirkan dua orang pemateri, yaitu cerpenis dari Kebumen, Sam Edy Yuswanto, dan penulis lepas Grobogan, Badiatul Muchlisin Asti.

Peserta kelas penulisan esai berpose bersama
Peserta kelas penulisan cerpen berpose bersama
Lokakarya dibuka oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah, Dr. Tirto Suwondo, M.Hum. Dalam sambutannya, Tirto menyatakan, acara lokakarya diadakan mengingat masih rendahnya tingkat literasi di masyarakat. Berbagai data menyebutkan rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Tirto berharap dengan diselenggarakannya lokakarya ini, dapat mendorong para peserta untuk berkarya. 
Suasana kelas penulisan esai dengan pemateri penulis Grobogan Badiatul Muchlisin Asti
Penyerahan hadiah paket buku kepada peserta dengan karya terpilih
Panitia lokakarya dari FSPG Tulus Kurniawati menyatakan, dalam lokakarya tersebut, 100 peserta dibagi ke dalam dua kelas, yaitu 50 peserta untuk Kelas Penulisan Cerpen dengan pemateri Sam Edy Yuswanto, dan 50 peserta untuk Kelas Penulisan Esai dengan pemateri Badiatul Muchlisin Asti. 

Selama sehari penuh para peserta dilatih menulis cerpen dan esai. Tidak hanya teori, tapi para peserta juga diajak praktik menulis. Harapannya, dari lokakarya ini, satu peserta dapat menghasilkan satu karya sesuai kelas yang dipilih. “Karya-karya tersebut nantinya akan dipilih, dan karya yang layak akan disunting dan dibukukan dalam sebuah buku antologi,” jelas Tulus.* (bma)

Baca juga:
Berbagi Tips Menulis Esai Pada Lokakarya Penulisan Cerpen dan Esai Balai Bahasa Jawa Tengah 2019

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FSPG Bekerja Sama dengan Balai Bahasa Jawa Tengah Selenggarakan Lokakarya Penulisan Cerpen dan Esai 2019"

Posting Komentar